manualslide

copyright sinarharapan.co

  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara berhasil mengembangkan udang jenis baru yaitu Penaeus merguensis atau lebih dikenal dengan nama lokal udang putih. Dalam bisnis perudangan nasional, jenis udang Penaeus merguensis ini tergolong baru dan merupakan udang asli Indonesia.

  Keunggulan udang jenis ini adalah siklus reproduksi yang relatif singkat jika dibandingkan dengan udang windu, bahkan umur enam bulan atau pada ukuran berat 30-40 gr sudah dapat dijadikan induk. Keunggulan lainnya udang jenis ini lebih tahan terhadap penyakit serta kadar protein pakan yang rendah sehingga secara otomatis biaya produksi akan lebih efisien.

  Dalam keterangan pres di sela sela panen udang di tambak BBPBAP Jepara,Selasa (30/5). Direktur Jendral Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto mengungkapkan udang Penaeus merguensis merupakan udang asli Indonesia yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan, Menurutnya KKP melalui BBPBAP Jepara akan mulai menginisiasi pengembangan udang jenis ini.


Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.